RSS
email

KPI Social Media


Social Media. Sering disingkat sebagai SocMed. Melanjutkan trend penggunaan SocMed di tahun 2011 dan bertambah semarak di tahun lalu, di tahun ini pastinya SocMed akan kembali menjadi superstar. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya tablet dan smartphone yang dimiliki konsumen. Tercatat temuan dari Cisco bahwa di 2012 terdapat 27 juta smartphone, dan 200 ribu tablet yang berkemampuan internet (http://jabar.tribunnews.com/2013/03/14/jumlah-smartphone-melonjak-36-persen-tahun-lalu)

Sumber: http://kaushik.net



Cuma ada yang tau gak KPI buat SocMed itu apa sih? Ok, kali ini gw mau berbagi KPI SocMed versi gw. Silakan dicoba dan sukur-sukur aplicable di perusahaan temen-temen semua.

1. Response Rate
Ini berbicara tentang persentase posting/pertanyaan dari audience yang direspons oleh Admin.

2. Response Time
Ini berbicara mengenai rata-rata waktu yang diperlukan Admin untuk merespons posting/pertanyaan dari audience.

3. Engagement Rate
Jumlah interaksi audience (bisa likes, komen, atau shares) yang ada di satu saluran SocMed.

4. Key Influencer Identification
Siapa sih personal yang paling sering interaksi dengan SocMed kita?

5. User Activity
Identifikasi jam-jam tertentu dalam sehari yang paling ramai interaksi. Dan identifikasi hari-hari tertentu dalam seminggu di mana audience ramai berinteraksi dengan SocMed kita.

Nah itu KPI dari SocMed, sekarang apa alat ukurnya dari KPI di atas tersebut? Business Solutions. Maksudnya bagaimana memanfaatkan SocMed semaksimal mungkin dalam proses bisnis perusahaan.

Kalo versi gw, begini:
1. Social Customer Service
KPI: Response Rate, Response Time, Key Influencer
2. Issue/Crisis Management
KPI: Response Rate, Response Time, Engagement Rate, Key Influencer
3. ROI of Social Promotions
KPI: Engagement Rate, Key Influencer, User Activity
4. Brand Loyalty
KPI: Engagement Rate, Key Influencer (Sentiment)
5. Competitive Insight
KPI: Interaksi.

Sipp. Segitu dulu deh. Makasi sudah membaca. Silakan kalo mau komen lho.

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KPI Social Media


Social Media. Sering disingkat sebagai SocMed. Melanjutkan trend penggunaan SocMed di tahun 2011 dan bertambah semarak di tahun lalu, di tahun ini pastinya SocMed akan kembali menjadi superstar. Hal ini didukung dengan semakin banyaknya tablet dan smartphone yang dimiliki konsumen. Tercatat temuan dari Cisco bahwa di 2012 terdapat 27 juta smartphone, dan 200 ribu tablet yang berkemampuan internet (http://jabar.tribunnews.com/2013/03/14/jumlah-smartphone-melonjak-36-persen-tahun-lalu)

Sumber: http://kaushik.net



Cuma ada yang tau gak KPI buat SocMed itu apa sih? Ok, kali ini gw mau berbagi KPI SocMed versi gw. Silakan dicoba dan sukur-sukur aplicable di perusahaan temen-temen semua.

1. Response Rate
Ini berbicara tentang persentase posting/pertanyaan dari audience yang direspons oleh Admin.

2. Response Time
Ini berbicara mengenai rata-rata waktu yang diperlukan Admin untuk merespons posting/pertanyaan dari audience.

3. Engagement Rate
Jumlah interaksi audience (bisa likes, komen, atau shares) yang ada di satu saluran SocMed.

4. Key Influencer Identification
Siapa sih personal yang paling sering interaksi dengan SocMed kita?

5. User Activity
Identifikasi jam-jam tertentu dalam sehari yang paling ramai interaksi. Dan identifikasi hari-hari tertentu dalam seminggu di mana audience ramai berinteraksi dengan SocMed kita.

Nah itu KPI dari SocMed, sekarang apa alat ukurnya dari KPI di atas tersebut? Business Solutions. Maksudnya bagaimana memanfaatkan SocMed semaksimal mungkin dalam proses bisnis perusahaan.

Kalo versi gw, begini:
1. Social Customer Service
KPI: Response Rate, Response Time, Key Influencer
2. Issue/Crisis Management
KPI: Response Rate, Response Time, Engagement Rate, Key Influencer
3. ROI of Social Promotions
KPI: Engagement Rate, Key Influencer, User Activity
4. Brand Loyalty
KPI: Engagement Rate, Key Influencer (Sentiment)
5. Competitive Insight
KPI: Interaksi.

Sipp. Segitu dulu deh. Makasi sudah membaca. Silakan kalo mau komen lho.



 

What they said?